Rabu, 13 April 2011

Aplikasi Matematika dalam kehidupan sehari-hari

Hey guys, postingan kali ini aku bakal ngomongin soal matematika. Sebenarnya ini post aku buat karena ini adalah ujian kompetensi matematika ku di sekolah. Mungkin ini postingan sementara atau permanen, kita liat aja nanti hehehe.
Aku tau, matematika itu terkesan rumit dan menuh-menuhin otak aja. Enggak asik, cuma bikin sakit kepala. Dari dulu sampe sekarang, enggak tau kenapa, interest ku dalam pelajaran ku satu ini hampir enggak ada. I don’t really like to count things. Dan melihat angka-angka beserta rumus-rumus membuat ku pusing. Tapi, ternyata, tanpa di sadari, matematika itu sebenernya banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari.

Image Hosted by ImageShack.us
Pertama, ngitung duit. Siapa sih yang enggak seneng ngitung duit? Apa lagi kalo duitnya banyak, gatel banget tuh. Mau ngitung duit sampe berapa ratus lembar aja kita betah banget.
Nah, itu udah matematika kan? Hitung-menghitung yang paling dasar. Kalo urusannya duit, otak jadi encer gyahahaha.
Image Hosted by ImageShack.us
Lagi lagi urusan duit, kalo urusan duit aja, matematikanya langsung kenceng. Contoh ya, semisal duit tinggal 8 ribu tapi hasrat ingin ke warnet itu tidak tertahankan. Satu jam nge-net di warnet itu 2 ribu. Otak langsung cling cling cling
“ duit ku 8 ribu. 1 jam 2 ribu. Berarti aku cuma ada waktu empat jam buat nge-net “
Image Hosted by ImageShack.us
Terus soal belanja. Liat ada barang diskon 50%. Langsung otak kita bekerja dengan kecepatan 500juta terrabyte persecond
” wah.. baju diskon 50% nih. Harga asli 50 rb, berarti harga sekarang jadi 25 rb dong ”
Image Hosted by ImageShack.us
Terus waktu makan siang tuh di sekolah, maenan matematika juga. Waktu makan bakso, di suruh ngambil 4 bakso. Ngitung juga kan itu? *maksa* apa lagi kalo ada temennya yang enggak masuk
” wah, si rateh sama pita enggak masuk. Baksonya untukku ya! Berarti.. aku dapet 12 bakso. Enak neh ”
Bakso sama matematika di babat habis.
Image Hosted by ImageShack.us
Tapi kenapa ya kalo ulangan matematika aja, nilainya pasti jongkok semua? Mungkin ini karena mind set kita udah terpasang kalo matematika itu susah. Padahal di kehidupan sehari-hari aja, kita kalo ngitung-ngitung pasti cepet banget (apalagi soal duit). Makanya, mulai sekarang kalo pas ngerjain ulangan matematika, mikirnya ngitung duit biar semangat gyahahaha.
Image Hosted by ImageShack.us
Oh iya, aku ada cerita nih. Mungkin ini bisa di kaitkan dengan peluang dalam matematika.
Image Hosted by ImageShack.us
Beberapa hari yang lalu, rumah kejebolan maling. 2 laptop sama 1 handycam hilang. Wow wow wow. Ceritanya begini waktu kejadian kemalingan tersebut.
Pada jam 1 siang sampe 3 sore, garasi rumah belakang tuh di buka blak-blakan sama pembantuku. Dan enggak ada yang ngejaga tuh garasi
Peluang kemasukan maling = 50%
Udah gitu, pada jam segitu, ke-tiga pembantu ku lagi mencar melakukan kesibukkan masing-masing. Dan pembantu ku pas di tanyain mereka lagi ngapain jam segitu, pada ngejawab.. “ wah.. kulo kesupen “. Jangan heran, pembantuku emang dodol semua.
Peluang kemasukan maling = 175% *wakakkaka parah*
Dan pada jam segitu, di rumah lagi enggak ada siapa-siapa kecuali pembantu ku yang enggak beres.
Peluang kemasukan maling = 178999,234632723642426261 sekian persen
Udah gitu, barang-barang di rumah juga terbiarkan blak-blakan. Jadi peluang buat maling masuk and ga ketauan ngambil tuh gede banget. Soalnya pembantuku dodol semua -_-
Peluang kemasukan maling = tidak terhingga
Jadi intinya, waktu hari kejadian rumahku kemasukan maling, peluang kemasukan maling tuh gede banget. Udah pintu garasi belakang di buka blak-blakan selama 2 jam sama pembantu ku yang dodol semua, pembantu mencar semua enggak jelas ngapain, di rumah enggak ada siapa-siapa kecuali pembantu dodol (bener-bener enggak bisa di harepin), barang-barang di rumah juga terbiarkan kemana-mana.
The end
Image Hosted by ImageShack.us
Kita melakukan ujian semester ini juga enggak sadar ngitung peluang. Contoh? Kalo semisal kita rajin belajar, pasti kita berpikir ” wah, pasti nilai ku bagus ”. Itu sudah memikirkan peluang kita akan mendapatkan nilai bagus kan? Juga seperti kalo kita belajar, enggak masuk ke otak karena susahnya minta ampun, kita juga bakalan mikir begini ” wah, kayaknya susah nih dapet nilai bagus ”
Image Hosted by ImageShack.us
Di dalam kehidupan sehari-hari kita, tidak akan terlepas dari matematika walau hal itu sesepele apapun. Kita masak mie pasti menghitung waktu kapan mie nya akan matang, tidurpun juga terkadang sambil berhitung domba kan supaya tidur terlelap?
Image Hosted by ImageShack.us
So, mulai sekarang, cintailah matematika. Aku tau itu hal yang susah, soalnya sampai sekarang aku masih kurang ngerti, apa sih indahnya matematika. Walau sejak SMA ini interest ku soal matematika sudah meningkat, walau sedikit. Hehe
Image Hosted by ImageShack.us
Udah gitu aja postingan kali ini. Jangan ketawa kalau dalam postingan kali ini tulisan ku agak rapi daripada postingan biasanya.
Thanks!
Image Hosted by ImageShack.us